Pengalaman Belajar Informatika

 PENGALAMAN BELAJAR INFORMATIKA


Di era teknologi seperti saat ini, penting bagi kita untuk belajar, memahami informatika, serta menggunakannya secara cerdas dan bijak.

Halo, perkenalkan saya Raihanah Salma Adzakyyah dari SMP Labschool Jakarta kelas 8E. Pada blog kali ini, saya akan menjelaskan tentang pengalaman saya belajar informatika.

Pada pembelajaran informatika di kelas 7, kita mempelajari banyak hal yang menyenangkan terkait informatika. Salah satu yang paling menarik adalah membuat game.

Saat kelas 7, kita diminta untuk membuat game sederhana melalui website yang bernama scratch. Disana kita bisa belajar tentang coding sederhana. Selain membuat game, kita juga bisa membuat karya-karya lain pada website tersebut. Contohnya, membuat instrumen musik, membuat alur cerita, dan masih banyak lagi.

Saya juga berhasil membuat game di scratch pada kelas 7 loh. Game yang saya buat bernama Jumping Cat Raina. Tujuan dari game tersebut adalah kita tidak boleh menginjak batu. Jika pemain menginjak batu, maka pemain akan kalah. Kita harus melewati 20 batu agar bisa menang.




Informatika merupakan ilmu yang mempelajari terkait penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk belajar informatika. Belajar informatika juga tidak hanya tentang komputer, tetapi juga bisa membangun sifat-sifat murid untuk melengkapi Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur pancasila peserta didik.

5 Pertanyaan Reflektif

1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? 
Ya, bisa.

2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu!
Saat membuat game di scratch. Dari situ kita bisa belajar banyak hal, contohnya coding. Walaupun hanya coding sederhana tapi menurut saya itu sangat menyenangkan.

3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII?
Ya, contohnya saat membuat laporan di excel dan saat memakai keyboard (ctrl+a, ctrl+c, ctrl+v, dsb).

4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
Berpikir komputasional dan pemograman.

5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII.
Berpikir Komputational (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP)


Apa saja yang sudah saya ketahui tentang:

1. Berpikir Komputational (BK)?
Berpikir komputational adalah metode untuk menyelesaikan persoalan dengan memakai teknik informatika.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
Teknologi informasi dan komunikasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian informasi.

3. Sistem Komputer (SK)?
Sistem komputer adalah kumpulan dari hardware, software, dan brainware yang saling berhubungan untuk pengolahan data.

4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)?
Jaringan komputer dan internet adalah perangkat komputer yang saling terkoneksi dan digunakan untuk berbagai sumber data.

5. Analisis Data (AD)?
Analisis data adalah sebuah proses untuk mengelompokan data yang telah siap untuk dipelajari.

6. Algoritma dan Pemrograman (AP)?
Algoritma dan pemograman adalah langkah-langkah yang disusun secara berurutan untuk menyelesaikan masalah.

7. Dampak Sosial Informatika (DSI)?
Pengaruh studi yang mempelajari aspek-aspek sosial daria sistem komputer.

8. Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika?
Praktik lintas bidang informatika adalah konsep pembelajaran terhadap penekanan sebuah pengembangan pengetahuan yang harus dipelajari.


Nama lengkap: Raihanah Salma Adzakyyah
Kelas: 8E
No. Absen: 25

Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan Keenam Informatika

Ulangan Harian Informatika Kelas 8