Ulangan Harian Informatika Kelas 8

1. Apakah tujuan belajar analisis data? Untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai data yang didapatkan dari sampel.

2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
A. Pengumpulan data penelitian.
B. Menyiapkan data penelitian.
C. Memasukkan data penelitian.
D. Memproses data penelitian.
E. Keluaran data penelitian.
F. Penyimpanan data penelitian yang diproses.

3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu! Digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal.

4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table? PivotTable merupakan cara yang interaktif untuk meringkas sejumlah besar data dengan cepat. PivotTable dapat digunakan untuk menganalisis data numerik secara mendetail dan menjawab pertanyaan yang tak terduga tentang data kita.

5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS? SUMIFS menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteriaCOUNTIFS menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi.

6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?  Data yang telah dikumpulkan, baik berasal dari populasi ataupun dari sampel, untuk keperluan laporan dan atau analisis selanjutnya.

7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8? Analisis data sangat diperlukan, sebab pengambilan keputusan harus berdasarkan dengan data yang ada. Seorang data analis bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data agar dapat dibaca dengan mudah.

8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
A. Pilih data.
B. Pilih Insert pada menu bar.
C. Pilih jenis grafik yang diinginkan.
D. Atur posisi grafik ke dalam worksheet.
E. Ubah judul grafik.

9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data? Suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.

10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data? Proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.

11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data? Proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup? Salah satu fungsi pencarian dan referensi, saat Anda harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.

13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?

14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian dalam meringkas data?

15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih sulit digunakan?

16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!

17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?

18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara unplugged (tanpa komputer)?

19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!

20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Belajar Informatika

Pertemuan Keenam Informatika